Apakah Anda memiliki toko bakery atau sedang mempertimbangkan memulai bisnis bakery? Jika ya, maka Anda pasti memahami betapa pentingnya memiliki perlengkapan bakery yang tepat untuk kesuksesan usaha Anda.

Perlengkapan bakery meliputi segala sesuatu mulai dari oven, mixer, lemari pendingin, hingga meja dan perlengkapan lainnya yang diperlukan untuk menghasilkan roti, kue, dan pastry yang sempurna.

Tanpa perlengkapan bakery yang tepat, akan sulit untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan memenuhi harapan pelanggan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai jenis bakery equipment yang wajib dimiliki oleh toko bakery, serta manfaat yang dapat Anda harapkan.

1. Oven

oven-perlengkapan-bakery

Ada beberapa jenis oven yang umum digunakan dalam industri bakery, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Memilih oven yang sesuai dengan kebutuhan toko bakery juga merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan.

Jenis Oven yang Umum Digunakan pada Industri Bakery

Salah satu jenis oven yang umum digunakan dalam industri bakery adalah oven konveksi. Oven konveksi menggunakan sirkulasi udara panas yang merata di seluruh ruang oven. Kelebihan oven konveksi adalah kemampuannya untuk memasak makanan secara lebih cepat dan merata.

Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk memanggang roti, kue, dan pastry. Namun, oven konveksi juga memiliki kekurangan, yaitu biaya yang lebih tinggi daripada oven konvensional.

Selain itu, oven konvensional juga menjadi pilihan yang umum untuk toko bakery. Oven ini mengandalkan elemen pemanas di bagian atas dan bawah oven untuk memanggang makanan.

Kelebihan oven konvensional adalah harganya yang lebih terjangkau daripada oven konveksi. Namun, oven konvensional cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memasak makanan secara merata.

Tips Memilih Oven Sesuai Kebutuhan

Tips untuk memilih oven yang sesuai dengan kebutuhan toko bakery, yaitu:

  • Jenis makanan apa yang akan dipanggang, kapasitas oven, serta fitur-fitur tambahan yang dapat mempermudah proses memasak. Misalnya, jika toko bakery Anda fokus pada roti dan pastry, oven konveksi mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. Namun, jika Anda ingin menghemat biaya dan oven konvensional dapat memenuhi kebutuhan Anda, maka pilihlah oven konvensional yang berkualitas baik.
  • Ruang yang tersedia di toko bakery Anda. Ukuran oven dan kemampuannya untuk menampung jumlah makanan yang sesuai dengan permintaan pelanggan merupakan faktor penting dalam memilih oven yang tepat.

Dalam rangka mencapai kesuksesan dalam toko bakery, pilihan oven yang tepat akan membantu Anda mencapai hasil panggang yang sempurna.

Baca Juga: Apa Saja Perbedaan Oven Konvensional dan Oven Konveksi? Simak Penjelasannya Disini

2. Mixer

mixer-perlengkapan-bakery

Dalam industri bakery, mixer merupakan salah satu perlengkapan yang sangat penting untuk mencampur adonan. Ada beberapa jenis mixer yang umum digunakan dalam toko bakery untuk mempermudah proses produksi.

Setiap jenis mixer memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Penting bagi toko bakery untuk memiliki mixer yang tepat dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi dalam memproduksi adonan.

Beberapa mixer yang umum digunakan yaitu:

  1. Mixer planet. Mixer ini memiliki desain yang memungkinkan pengadukan yang lebih baik dan rata. Kelebihan dari mixer planet adalah kecepatan pengadukan yang tinggi dan hasil adonan yang lembut dan merata. Namun, kekurangan dari jenis mixer ini adalah ukurannya yang lebih besar dan harganya yang relatif lebih mahal.
  2. Mixer spiral yang sering digunakan dalam bakery. Mixer spiral memiliki desain unik dengan pengaduk yang berputar pada sumbu mendatar. Kelebihan dari mixer spiral adalah efisiensi dalam mencampur adonan yang lebih besar dan umumnya memiliki kapasitas yang lebih besar pula. Namun, kekurangan dari mixer spiral adalah hasil adonan yang tidak sehalus mixer planet.

Dalam memilih mixer yang tepat, toko bakery perlu mempertimbangkan jenis adonan yang akan diproduksi, kapasitas yang dibutuhkan, dan anggaran yang tersedia.

Baca Juga: Kenali Jenis Mixer untuk Adonan Berat dan Rekomendasi Terbaik

3. Kulkas dan Freezer

kulkas-dan-freezer-perlengkapan-bakery

Dalam toko bakery yang sukses, kulkas dan freezer merupakan perlengkapan yang wajib dimiliki. Kulkas digunakan untuk menyimpan bahan baku dan produk jadi yang membutuhkan suhu dingin, sedangkan freezer digunakan untuk menyimpan produk beku.

Pada saat memilih kulkas dan freezer untuk toko bakery, terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan.

  • Pastikan kulkas atau freezer yang dipilih memiliki kapasitas yang cukup untuk menyimpan semua bahan baku dan produk jadi yang diperlukan. Hal ini akan memastikan bahwa semua barang dapat disimpan dengan aman tanpa harus mengorbankan ruang penyimpanan.
  • Perhatikan suhu yang dapat diatur pada kulkas dan freezer tersebut. Pastikan mereka dapat mengatur suhu rendah yang tepat sesuai dengan kebutuhan produk bakery Anda. Beberapa produk mungkin membutuhkan suhu yang lebih dingin daripada yang lain, jadi pastikan kulkas dan freezer yang Anda pilih dapat memenuhi kebutuhan ini.
  • Pertimbangkan kualitas dan keawetan perlengkapan. Pilih kulkas dan freezer yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Perlengkapan yang tahan lama akan membantu Anda menghindari biaya perbaikan atau penggantian yang tidak perlu di masa depan.
  • Terakhir, pastikan kulkas dan freezer dilengkapi dengan fitur keamanan yang memadai, seperti kunci atau kode akses. Hal ini akan membantu mencegah pencurian atau akses yang tidak sah ke barang-barang berharga yang disimpan di dalamnya.

Penting juga untuk mempertimbangkan ukuran dan tata letak kulkas dan freezer. Pastikan mereka dapat ditempatkan dengan mudah di ruang toko Anda tanpa mengganggu lalu lintas atau estetika toko.

4. Meja dan Rak

meja-dan-rak-perlengkapan-bakery

Meja dan rak stainless steel adalah pilihan yang sangat baik untuk toko bakery. Bahan stainless steel memiliki kelebihan dalam hal kebersihan dan keawetan. Meja dan rak ini mudah untuk dibersihkan, sehingga memudahkan dalam menjaga kebersihan area produksi.

Selain itu, stainless steel juga tahan terhadap korosi dan serangan jamur, sehingga meja dan rak ini akan tetap terlihat bersih dan terawat dalam jangka waktu yang lama. Stainless memiliki permukaan datar yang kuat dan tahan terhadap panas. Ini sangat penting dalam operasional sehari-hari toko bakery karena banyak aktivitas dilakukan di atas meja dan rak.

Meja dan rak stainless steel dapat menahan panas dengan baik, sehingga tidak ada risiko deformasi atau kerusakan pada perlengkapan.

Saat memilih meja dan rak untuk toko bakery, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.

  • Pastikan meja dan rak memiliki ukuran yang sesuai dengan kebutuhan toko. Pastikan bahwa ada ruang yang cukup untuk semua perlengkapan dan bahan baku yang digunakan. Selain itu, perhatikan juga tinggi meja dan rak agar sesuai dengan kenyamanan kerja karyawan.
  • Perhatikan juga kestabilan meja dan rak. Pastikan bahwa mereka memiliki konstruksi yang kokoh dan kuat, sehingga tidak mudah bergoyang atau ambruk saat digunakan. Perhatikan juga sistem penyangga atau rak yang ada, pastikan mereka mudah digunakan dan tidak mudah rusak.
  • Perhatikan juga estetika meja dan rak. Pilihlah desain yang sesuai dengan tema atau konsep toko bakery Anda. Meja dan rak yang menarik secara visual juga akan menambah nilai dari segi tampilan toko.

5. Pengukur dan Timbangan

pengukur-dan-timbangan--perlengkapan-bakery

Dalam dunia bakery, memiliki pengukur yang akurat sangatlah penting untuk menghasilkan produk yang konsisten dan berkualitas tinggi. Jenis pengukur dan timbangan yang umum digunakan meliputi pengukur cairan, timbangan digital, serta pengukur suhu.

  • Pengukur cairan digunakan untuk memastikan bahwa proporsi bahan cair yang digunakan dalam adonan tepat sesuai dengan resep.
  • Timbangan digital memungkinkan pengukuran yang sangat akurat dalam berbagai satuan, seperti gram atau ons. Dengan ini, dapat mengukur bahan-bahan dengan presisi yang tinggi, sehingga hasil akhir produk akan lebih konsisten dan tepat sesuai dengan resep.
  • Pengukur suhu yang akurat memastikan bahwa suhu dalam oven atau perlengkapan penyimpanan tepat sesuai dengan yang diperlukan oleh resep.

6. Penggiling dan Penghalus Bahan

penggiling-dan-penghalus-bahan-perlengkapan-bakery

Saat membahas tentang penggiling dan penghalus bahan dalam toko bakery, terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar dapat menciptakan adonan yang sempurna. Penggiling dan penghalus bahan adalah perlengkapan wajib yang tidak boleh terlewatkan dalam sebuah toko bakery yang sukses.

Dalam pemilihan penggiling dan penghalus bahan, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan.

  • Pastikan memilih perlengkapan yang sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas produksi toko bakery Anda. Pilihlah penggiling dan penghalus bahan yang memiliki kapasitas yang sesuai dengan jumlah bahan yang ingin digiling dan dihaluskan.
  • Perhatikan juga kualitas dari penggiling dan penghalus bahan yang Anda pilih. Pastikan perlengkapan tersebut terbuat dari bahan yang tahan lama dan mudah dibersihkan. Selain itu, perhatikan juga fitur-fitur tambahan yang ditawarkan, seperti kecepatan penggilingan yang dapat diatur atau fitur pengaman untuk mencegah terjadinya kecelakaan.
  • Terakhir, jangan lupakan untuk melakukan perawatan rutin terhadap penggiling dan penghalus bahan agar lalat maupun serangga lain tidak datang ke bakery.

Itulah bakery equipment yang seharusnya dimiliki toko bakery. Rekomendasi tempat perlengkapan bakery dengan inovasi terbaru dan tangguh, bisa kunjungi website MASEMA.