Mesin packing vertikal ialah mesin yang digunakan untuk mengemas produk, seperti tepung, susu bubuk dan kemasan padat lainnya secara otomatis. Dengan memasukkan bahan ke dalam tangka, mesin akan mengemas bahan secara otomatis. Penasaran dengan cara kerja mesin packing vertikal? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Mesin Pengemasan Vertikal?

Berbicara soal mesin kemasan, tentu Anda langsung tertuju dengan mesin packaging vertikal. Mesin ini mampu mengemas dengan kualitas atau fungsi yang disematkan secara otomatis. Dengan sistem otomatis, penggunaan mesin jauh lebih mudah, cepat dan menarik. Selain itu, ketergantungan pekerja akan terminimalisir dalam proses pengemasan.

Bagaimana Cara Kerja Mesin Pengemas Vertikal?

Cara kerja mesin pengemas vertikal diawali dengan laminasi gulungan besar film plastic. Lalu, kantong untuk kemasan bahan dibuat namun sebelum disegel, produk yang dimasukkan harus sesuai dengan takaran berat atau gramasinya yang telah ditentukan sebelumnya. Setelah pengisian selesai barulah produk siap disegel.

Seperti namanya, mesin vertical packaging bekerja secara vertikal dengan hasil 40 kantong per menit. Adapun komponen utamanya yaitu sistem penarik film, mesin pembuat tas, mengisi dan menyegel mesin, pemotongan tas serta kabinet control.

Keuntungan Penggunaan Mesin Pengemas Vertikal

1. Efisiensi Waktu

Seperti yang diketahui bahwa mesin pengemas ini mampu menghasilkan 40 kantong per menitnya secara otomatis. Selain tanpa tangan manusia, kapasitas pengemasan dapat ditingkatkan. Tentunya, hal ini berbeda dengan cara manual yang membutuhkan waktu lama dengan hasil yang sedikit.

2. Keakuratan dan Konsistensi

Dengan mesin pengemas vertikal, kualitas kemasan lebih terjaga dan konsisten. Hal ini berkat pengukurannya yang akurat pada setiap siklusnya sehingga setiap kemasan akan terisi dengan jumlah atau ukuran bahan secara konsisten tidak kurang dan tidak lebih. Sehingga, tidak perlu lagi memeriksa satu per satu kemasan untuk memastikan ukurannya.

3. Hemat Bahan Kemasan

Tahukah Anda bahwa mesin pengemas vertikal bersifat ramah lingkungan? Hal ini karena dapat mengurangi limbah dan biaya produksi. Dengan pengukuran yang tepat, mesin pengemas lebih hemat bahan kemasan. Alat pengisian pun memastikan jumlah atau ukuran bahan yang akan dimasukkan dalam setiap kemasan dengan tepat.

4. Ruang Efisien

Dengan mesin pengemas, tinggi ruang produk dapat diatur sesuai dengan jenis serta dimensi produk sehingga dapat digunakan untuk berbagai produk dengan berbagai ukuran atau dimensi. Bisa dibilang mesin ini multifungsi dan membuat proses pengemasan jauh lebih efisien.

5. Keamanan Produk

Agar keamanan produk terjaga, jenis mesin pengemas ini dilengkapi dengan sistem kontrol yang canggih untuk memantau proses pengemasan. Hal ini mencakup pemeriksaan berat bahan dan memastikan segel kemasan dalam kondisi yang bagus. Jika ditemukannya kecacatan, mesin akan berhenti secara otomatis dan memberikan peringatan.

6. Mudah Dioperasikan

Dengan cara kerja mesin packing vertikal yang otomatis, penggunaannya pun lebih mudah diatur dalam mengakomodasi berbagai jenis kemasan. Maka dari itu, mesin memiliki peran yang cukup besar dalam berbagai sektor industri mulai dari makanan, minuman, garam, serbuk herbal hingga obat-obatan.

7. Fleksibilitas

Seperti yang telah dijelaskan bahwa mesin pengemas vertikal ini mampu digunakan mengakomodasi berbagai jenis ukuran. Sehingga, penggunaannya pun fleksibel dan bisa disesuaikan. Selain itu, mesin ini juga dapat digunakan kapanpun asalkan terhubung dengan daya listrik berbeda dengan cara manual yang membutuhkan ketersediaan tenaga kerja manusia.

Memilih Mesin Pengemas Vertikal yang Tepat

Pemilihan mesin pengemas vertikal perlu dilakukan dengan penuh pertimbangan agar memperoleh mesin terbaik. Salah satu hal yang perlu diperhatikan yaitu jenis bahan yang akan dikemas karena setiap mesin pengemas memiliki fungsi yang berbeda. sehingga, Anda perlu memilih mesin mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Selain bahan, Anda juga perlu menetapkan kemasan produk terlebih dahulu, seperti plastik, film atau kantong siap pakai. Kapasitas produksi juga butuh dipertimbangkan karena tingkat reproduksi yang bervariasi. Selain itu, setiap mesin pengemas, ukuran kemasan dan jenis bahan mempengaruhi hasil produksi.

Kemudian, amati lingkungan produksi, seperti penggunaan mesin, suhu dan kebersihan sekitar. Jika lingkungan cukup keras dan membutuhkan produksi yang banyak, maka mesin kokoh ialah pilihan terbaik. Dalam memilih mesin pengemas, pastikan bahwa mesin mampu memberikan perlindungan kepada para penggunanya.

Perlu diketahui bahwa cara kerja mesin packing vertikal membutuhkan ruang dengan atap yang tinggi. Sehingga, Anda perlu mengukur tempat meletakkan mesin terlebih dahulu sebelum membelinya. Disamping itu, dana atau anggaran membeli mesin juga penting disiapkan untuk meningkatkan produksi usaha.

Ketika membeli di penyedia mesin pengemas, pastikan bahwa pihaknya menyediakan layanan prima. Anda bisa bertanya mengenai cara perawatannya yang tepat. Juga, pastikan bahwa mesin pengemas dilengkapi dengan fitur teknologi terbaru agar Anda selalu update. Kredibilitas penjual mesin pengemas juga harus diperhatikan dengan melakukan survei agar tidak kecewa.

Itulah penjelasan mengenai pengertian, keuntungan, tips memilih hingga cara kerja mesin packing vertikal yang jarang diketahui. Hal ini penting diperhatikan agar memiliki pengetahuan yang cukup tentang mesin pengemas ini sebelum membeli. Dengan begitu, Anda semakin dekat dengan mesin pengemas vertikal yang dibutuhkan.