Tahukah kamu, produsen skala besar seperti pabrik cara pengemasan produknya dilakukan secara otomatis? Ya, untuk mempercepat proses produksi maka mesin pengemas otomatis digunakan. Mesin ini secara umum terbagi menjadi dua, mesin packing vertikal dan horizontal. Nah, bagaimanakah cara kerja mesin packing horizontal? Berikut ini penjelasan singkatnya!

Apa Itu Mesin Pengemas Horizontal dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Sama seperti namanya, mesin pengemas horizontal jelas merujuk pada sebuah mesin yang fungsinya untuk mengemas produk secara otomatis dan efisien. Yang mana mesin ini modelnya horizontal, sehingga cocok untuk produk seperti kue atau makanan lain yang selama proses pengemasan tetap terjaga bentuk dan kualitasnya.

Penggunaan mesin packing horizontal untuk produk kue ini dianggap lebih cocok daripada yang model vertikal. Karena mesin pengemas vertikal cara kerjanya ke atas (secara vertikal, menurunkan produk dari atas ke bawah ketika pengisiannya) , sehingga terkadang membuat bentuk produk berubah dan tidak presisi lagi.

Sementara mesin horizontal packaging cara kerjanya seperti berjalan lurus secara menyamping/horizontal, sehingga meminimalisir kerusakan produk.

Jenis Mesin Pengemas Horizontal untuk Berbagai Produk

1. Mesin Flow Pack

Mesin flow pack memiliki kelebihan bisa menyesuaikan bentuk produk yang dikemas, kendati model kemasannya tetap memiliki bentuk yang khas. Kemasan model ini biasanya banyak ditemui pada industri kue atau wafer, yang notabene terkadang membutuhkan cara kerja mesin packaging horizontal yang kemasannya pas dengan bentuk produknya namun tetap terlihat rapi dan menarik.

2. Mesin Sachet

Mesin sachet mungkin menjadi mesin packing otomatis yang paling banyak digunakan dalam industri. Mengapa begitu? Karena kemasan sachet bisa digunakan di banyak jenis produk kue atau makanan. Kemasan seperti ini bisa melindungi produk di dalamnya karena segel yang rapat di kedua sisi plastiknya.

3. Mesin Stick Pack

Mesin stick pack mungkin juga banyak digunakan. Berbeda dengan kemasan sachet yang cenderung berbentuk kotak atau persegi panjang, kemasan stick pack memiliki model yang sama namun bentuknya lebih panjang. Sehingga kemudian menyerupai kemasan stick. Adanya kemasan ini bisa melindungi produk yang bentuknya memanjang.

4. Mesin Flow Wrap

Mesin flow wrap banyak digunakan dalam proses produksi makanan yang memiliki bentuk lebih beragam. Mesin akan mengemas makanan dengan mode wrap, membungkus produk dengan menyesuaikan bentuknya. Sehingga kemasan cara kerja mesin packing horizontal ini juga bisa digunakan untuk sayuran atau buah yang bentuknya lebih beragam dan tidak sama.

5. Mesin Horizontal Pouch

Mesin horizontal pouch akan mengemas produk dengan hasil akhir kemasan pouch, sehingga banyak digunakan dalam produk curah. Cara kerja mesin pengemas ini sama dengan yang lain, namun terdapat bagian filling, berfungsi mengisi kemasan pouch yang sudah berjejer dengan produk yang sudah disiapkan sebelumnya. Hasil pengemasan pun berupa pouch yang segelnya rapat dan bisa berdiri.

6. Mesin Thermoform

Mesin thermoform merupakan terobosan solutif untuk membantu proses pengemasan produk makanan yang rawan rusak akibat kontaminasi oksigen maupun radiasi sinar UV. Keunggulan dari kemasan ini yaitu bisa membatasi pergerakan produk, melindungi dari kontaminasi benda luar, dan juga higienitas yang lebih tinggi. Sangat pas untuk produk makanan yang rawan rusak atau basi.

Keunggulan Mesin Pengemas Horizontal untuk Berbagai Produk

1. Efisiensi dan Kecepatan Pengemasan

Apa yang terlintas di otak terkait cara kerja mesin packing horizontal dalam proses produksi? Ya, betul, efisiensi dan kecepatan. Dengan menggunakan mesin pengemas horizontal otomatis, proses produksi tersebut bisa berjalan dengan lebih efisien serta cepat. Tidak lagi dilakukan secara manual yang memakan waktu serta adanya potensi human error.

2. Kualitas Kemasan yang Berkualitas Tinggi dengan Harga Terjangkau

Hal lain yang menguntungkan dengan penggunaan mesin pengemas ini adalah bisa menghasilkan produk dengan kemasan berkualitas. Karena dilakukan oleh mesin, maka hasil kemasan produk juga bisa lebih rapi dan rapat melindungi produk agar aman sampai ke tangan konsumen nantinya. Selain itu, jika dihitung penggunaan mesin ini dinilai lebih murah dari segi biaya.

3. Menghadirkan Kemasan yang Menarik dan Memikat Konsumen

Kemasan yang menarik pasti bisa memikat konsumen untuk membeli produk tersebut. Mesin pengemas semacam ini bisa mewujudkan kemasan produk yang menarik, dengan gambar dan bentuk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Hasil pengemasan produk pun juga tidak perlu diragukan. Sudah cepat, efisien, dan hasilnya optimal.

4. Memfasilitasi Pengemasan Produk dengan Karakter Mudah Hancur dan Kompleks

Cara kerja mesin packing horizontal menyerupai alur berjejer, sehingga dari produk saja sampai dikemas prosesnya berjalan berurutan secara horizontal. Dengan cara kerja yang seperti ini, dapat meminimalisir adanya potensi kerusakan produk bergerak secara lurus di atas roda berjalan. Oleh karenanya, mesin ini cocok untuk produk yang mudah berubah bentuknya seperti kue.

Itulah sekilas tentang mesin pengemas horizontal yang kerap ditemui pada pabrik atau produsen kue dan makanan. Adanya mesin ini bisa membantu proses produksi dan menjaga kualitas dari produk yang dikemas itu sendiri. Jenis mesin yang beragam bisa disesuaikan dengan kebutuhan akan produk yang akan dikemas.