Bagi pelaku usaha industri, tentu penggunaan mesin packing tidak lagi terdengar asing. Hal ini karena keberadaannya sangat penting sebagai pengemas produk dengan cepat. Dibalik itu, ternyata mesin pengemas hadir dengan berbagai jenis. Untuk mengetahui apa saja jenis mesin packaging, simak penjelasan di bawah ini.

Jenis Mesin Packing yang Umum Digunakan di Industri

1. Vertical Packing Machine

Vertical packing machine / mesin packing vertikal merupakan solusi terbaik untuk mengemas berbagai produk makanan dan minuman secara efisien. Dengan kemampuannya menghasilkan kemasan rentengan secara otomatis, mesin ini memberikan kecepatan dan akurasi tinggi dalam proses pengemasan.

Salah satu varian unggul dari MASEMA adalah Small Vertical Packing Machine, ideal untuk produk dengan volume kecil, serta Multi-Function Vertical Packing Machine yang dapat mengepak berbagai jenis produk dengan efisien dan cepat.

Keunggulan Mesin Packing Vertikal MASEMA

  • Peningkatan Produktivitas: Mesin ini dapat meningkatkan kecepatan produksi dalam berbagai model, termasuk Multi-Function Vertical Packing Machine.
  • Fleksibilitas Penggunaan: Mampu mengepak produk berupa bubuk, partikel, pasta, cairan, dan kemasan pengukuran lainnya dengan efisien.
  • Otomatisasi Total: Dari membuat kemasan, mengukur, mengisi, menyegel, memotong, hingga membuat perhitungan, semua dilakukan secara otomatis.
  • Personalisasi Kemasan: Memungkinkan pencetakan nomor batch pada kemasan sesuai permintaan pelanggan.

2. Horizontal Packing Machine

Horizontal packing machine / mesin kemasan horizontal dari MASEMA menawarkan solusi efisien dalam mengemas produk dengan model horizontal. Terutama cocok untuk produk seperti kue atau makanan lain yang membutuhkan perhatian khusus terhadap bentuk dan kualitas kemasan.

Produk MASEMA, High Speed Horizontal Packaging Machine, menonjolkan keunggulan dalam mengepak berbagai produk padat dengan kemasan biasa. Dengan kecepatan tinggi, mesin ini ideal untuk mengemas berbagai produk seperti biskuit, moon-cake, tori, mie instan, permen, obat-obatan, produk kebutuhan sehari-hari, elektronik, dan berbagai produk lainnya.

Baca Juga: Apa itu Mesin Cartoning? Pelajari Cara Kerja, Keunggulan dan Fungsinya Disini

3. Cartoning Machine

Cartoning machine / mesin packing carton menjadi pilihan tepat untuk mengemas produk dengan menggunakan karton. Dengan teknologi canggih dan desain terbaru dari MASEMA, produk ini memberikan perlindungan optimal terhadap produk Anda.

Keuntungan Menggunakan Mesin Packing Carton MASEMA

  • Teknologi Canggih: Mesin karton ini mengusung teknologi tinggi dengan dukungan listrik, gas, dan cahaya untuk hasil yang berkualitas.
  • Penggunaan Universal: Cocok untuk mengemas berbagai produk, termasuk makanan, kosmetik, produk sehari-hari, dan lainnya.
  • Otomatisasi Lengkap: Proses pengemasan dari membuka kemasan, mengisi produk, mencetak nomor pada kemasan, hingga menyegel karton dilakukan secara otomatis.
  • Keselamatan Terjamin: Karton tersegel dengan aman dalam berbagai kondisi, memastikan produk sampai ke tangan konsumen dalam keadaan utuh.

4. Rotary Pouch Packing Machine

Melengkapi jajaran mesin packing MASEMA, Rotary Pouch Packing Machine dirancang khusus untuk produk cair di pouch seperti minyak goreng, sabun refill, dan lain-lain. Dengan desain yang inovatif, mesin ini memberikan kecepatan dan ketelitian dalam pengemasan produk cair, menjadikannya pilihan ideal untuk industri yang mengutamakan efisiensi.

Keunggulan Rotary Pouch Packing Machine MASEMA

  • Pengemasan Cairan Efisien: Ideal untuk produk cair seperti minyak goreng dan sabun refill.
  • Desain Inovatif: Memastikan kemasan yang rapat dan aman, menjaga kualitas produk dalam setiap pengiriman.

Fungsi Mesin Packing dalam Industri

Ada banyak fungsi mesin packing dalam dunia industri. Mesin ini mampu melindungi produk dari pengaruh cuaca dan bakteri dalam kemasannya agar tidak cepat rusak atau hancur. Produk pun dapat tersimpan dengan mudah karena desain kemasannya yang praktis dan mudah dibawa kemanapun.

Itulah penjelasan mengenai apa saja jenis mesin packaging yang penting dipelajari sebagai bahan pertimbangan. Pelaku bisnis produksi perlu menentukan mesin packing mana yang dibutuhkan untuk kegiatan pengepak. Dengan jenisnya yang beragam, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan produksi dan permintaan pasar.