Pernah mendengar mesin penipis lembaran adonan atau Dough Sheeter? Mesin semacam ini sudah pasti ditemukan di bakery atau pabrik kue. Lalu apa sih fungsi Dough Sheeter itu? Benarkah mesin ini bisa membantu proses produksi? Yuk, simak pengertian apa itu Dough Sheeter, fungsinya, serta spesifikasinya berikut ini!

Apa Itu Dough Sheeter

Dough Sheeter adalah sebutan untuk sebuah mesin penipis adonan roti. Mesin ini banyak digunakan dalam industri bakery, membantu proses penipisan adonan untuk produk roti seperti croissant, pizza, pie, dan lain sebagainya. Sehingga proses pembuatan bakery dan pastry tersebut bisa lebih mudah dan cepat, apalagi jika skala produksi besar.

Bayangkan saja jika proses produksi masih dilakukan secara manual, adonan masih ditipiskan oleh karyawan satu per satu. Bukankah hal itu pasti akan memakan waktu yang tidak sebentar? Jika pun ingin lebih cepat artinya harus menambah jumlah karyawan untuk bagian tersebut. Biaya produksi pun bertambah. Maka, solusi terbaik yang bisa dipilih adalah dengan menggunakan mesin penipis seperti ini.

Selain mempercepat proses produksi, penggunaan mesin juga meminimalisir kemungkinan adanya human error. Karena mesin akan secara otomatis menipiskan adonan roti dan kue, secara cepat dan tepat. Selain itu, ukuran ketipisan adonan untuk kue dan roti bisa diatur sesuai kebutuhan. Hasilnya, adonan akan tipis sempurna dalam waktu cepat dan jumlah yang banyak sekaligus.

Apa Fungsi Mesin Dough Sheeter

Fungsi dari mesin Dough Sheeter adalah untuk membantu proses penipisan adonan roti dan kue. Yang mana beberapa roti atau kue memerlukan adonan yang perlu ditipiskan hingga mencapai ketebalan tertentu seperti pie, croissant, dan pizza. Dengan adanya mesin ini, proses penipisan bisa menjadi lebih cepat dan mudah.

Dengan menggunakan mesin penipis seperti ini, maka karyawan hanya perlu memasukkan adonan ke mesin dan mengawasi kerja mesin itu saja. Mesin akan secara otomatis menipiskan adonan dengan ukuran dan ketebalan dengan kecepatan yang sudah diatur sebelumnya. Melihat fungsinya, mesin seperti ini banyak dimiliki oleh tempat produksi roti, baik dalam skala kecil hingga besar.

Mesin penipis adonan juga memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Seperti yang diproduksi oleh MASEMA, manufaktur mesin penipis ini mengeluarkan beberapa mesin penipis dengan ukuran yang berbeda. Hal ini untuk menyesuaikan kebutuhan skala produksi yang tidak sama. Yuk, intip spesifikasi beberapa mesin penipis dari MASEMA di bawah ini!

Spesifikasi Mesin Penipis Adonan dan Fiturnya

1. Dough Sheeter 520mm & 630mm

Mesin Dough Sheeter atau alat penipis adonan dari MASEMA memiliki kualitas yang baik. Material mesin ini terbuat dari stainless steel berkualitas yang anti karat dan bisa bekerja dalam jangka waktu lama. Kecepatan dan tingkat ketebalan adonan bisa diatur sesuai kebutuhan. Komponen mesin ini juga mudah dilepas pasang untuk dibersihkan, misalnya komponen pembersih rol dan sabuk impor.

Dengan begitu, tingkat higienitas produksi bisa tetap terjaga baik. Spesifikasi MASEMA Dough Sheeter 520mm & 630mm memiliki dimensi 2550 x 1000 x 1280 mm dengan berat 220 kg. Ukuran tersebut didukung dengan dua varian belt yaitu 520 dan 630 mm, memungkinkan mesin ini bekerja dengan kapasitas adonan maksimal sebesar 5 kg.

2. Table Top Dough Sheeter 400mm & 520mm

MASEMA Table Top Dough Sheeter 400mm & 520mm memiliki dimensi 780 x 1690 x 590 mm dengan berat mencapai 110 kg. Mesin ini memiliki ukuran belt sebesar 400 mm. Kapasitas adonan roti atau kue yang bisa diproses oleh mesin ini maksimal 4 kg, serta daya listrik yang dibutuhkan sebesar 220V / 380V 50HZ.

3. Full Stainless Steel Dough Sheeter 520mm & 630mm

Full S/S Dough Sheeter 520mm & 630mm memiliki dimensi yang cukup besar. Dengan berat mencapai 248 kg, mesin ini berukuran 900 x 2700 x 1100 mm. Daya listrik untuk menggerakkan mesin ini sebesar 220V / 380V 50HZ. Kapasitas mesin ini mencapai 5,5 kg adonan dengan belt size sebesar 520 mm.

4. Luxury Dough Sheeter 520mm & 630mm

Luxury Dough Sheeter 520mm & 630mm adalah mesin penipis lain dari MASEMA yang berukuran besar. Kapasitasnya mencapai 5,5 kg dengan ukuran belt yang bervariasi, yaitu ukuran 520 mm dan 630 mm. Dengan begitu, mesin ini bisa menjalankan fungsi utamanya untuk menipiskan adonan dalam skala besar.

MASEMA bisa menjadi solusi terbaik jika ingin menggunakan mesin penipis adonan kue atau roti. Apalagi untuk skala produksi yang besar, fungsi Dough Sheeter ini dinilai sangat efisien untuk mempercepat proses produksi. Apalagi kualitas material mesin yang bagus, membuat mesin dari manufaktur ini bisa tahan lama dan anti karat.

Fungsi dari mesin penipis yang sangat memudahkan pekerjaan menjadi alasan penting kenapa banyak produsen bakery dan pastry yang menggunakan mesin semacam ini. Selain itu, dengan menggunakan mesin ini bisa membantu menjaga kualitas dan higienitas produksi karena tidak semuanya dikerjakan manual yang memungkinkan kontaminasi adonan dengan kuman dari manusia.