Tertarik memiliki pabrik makanan sendiri? Untuk memulainya, keberanian saja tidaklah cukup sehingga membutuhkan pengetahuan yang cukup mengenai bidang yang digeluti seperti mesin untuk mempermudah pengolahan bahan makanan. Berikut apa saja jenis mesin produksi pabrik makanan yang perlu diketahui.

Jenis Mesin Pembuat Makanan

1. Mesin Penggorengan Otomatis

Salah satu jenis mesin pengolahan makanan yaitu mesin penggorengan otomatis. Mesin ini terbuat dari bahan stainless steel dan sistem conveyor yang unik. Sehingga, produk gorengan yang dihasilkan lebih merata matangnya dan warnanya. Selain itu, kandungan minyaknya lebih minim.

2. Mesin Pengolah Makanan Wafer Stik

Mesin produksi pabrik makanan selanjutnya yaitu mesin pengolah makanan, seperti wafer dan stik. Mesin pengering ini adalah salah satu brand internasional yang terkenal dari China. Dilengkapi dengan pengolah wafer otomatis, mesin ini mampu menghasilkan wafer stik yang matang secara merata dan tingkat demouldingnya yang tinggi.

3. Mesin Pengolah Makanan Ringan (Extruder Production Line)

Mesin pengolah makanan ini dirancang dengan teknologi ekstrusi internasional yang canggih. Sehingga, mampu bekerja dan menghasilkan produk makanan sesuai dengan kualitas internasional. Mesin telah dilengkapi dengan proses pencampuran, perebusan, pengeringan dan penggembungan sehingga menghasilkan makanan ringan yang siap jadi.

Salah satu mesin pengolah snack yaitu doritos or tortilla chips production line yang mampu mencampurkan tepung dan bahan baku mentang lainnya dengan teknologi canggih. Lalu, adonan dibentuk sedemikian rupa dan digoreng sehingga menghasilkan keripik pisang, tortilla chips, dan lainnya.

4. Mesin Pengolahan Cokelat dan Permen

Mesin pengolahan cokelat dan permen terdiri dari berbagai jenis mulai dari Bottle Shape Chocolate, Center & Shell Chocolate Depositor, Chocolate Ball & Peanut, Chocolate Beans Production Line, Compact Unit Of Aerator With Color & Flavor Project Injection System hingga Continuous Aerator.

Bottle Shape Chocolate ialah mesin pembentuk cokelat agar berbentuk seperti botol kecil yang berisi cokelat. Dengan kemasan alumunium foil, produk akan dikemas dengan rapat agar bentuk cokelat terlihat dengan jelas. Mesin ini mampu mengemas 2 cokelat botol dalam ukuran yang berbeda. Bagi Anda yang tertarik menggunakannya, MASEMA adalah distributor mesin produksi makanan ini dengan kualitas terbaik.

5. Mesin Biskuit Otomatis (Biscuit Production Line)

Mesin produk pabrik makanan biskuit juga tersedia dalam berbagai macam pilihan mulai dari Biscuit Sandwiching Machine, Automatic Rolled Sugar Cone Production Line, Double-Row Sandwiching Machine With Packaging Line, Biscuit Production Line, Combo Wire Cut And Depositor hingga Automatic Wafer Stick Machine.

MASEMA sebagai produsen mesin menyediakan Full-Automatic Biscuit Production Line (For Hard Biscuit/Soft) ialah oven yang dapat digunakan untuk menghasilkan berbagai jenis biskuit mulai dari biskuit keras, cookies/kue kering hingga biskuit lembut. Dengan mesin industri ini, Anda dapat memanggang menggunakan listrik, gas, diesel atau minyak termal.

Manfaat Menggunakan Mesin Produksi Pabrik Makanan

1. Produksi Tepat Waktu

Salah satu keuntungan menggunakan mesin produksi pabrik makanan yaitu kegiatan produksi selesai tepat waktu. Pelanggan pun tidak perlu menunggu berhari-hari membeli produk Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami keterlambatan produksi dan permintaan serta penawaran pelanggan terpenuhi dengan efisien serta cepat.

2. Produktivitas Meningkat

Tahukah Anda bahwa mesin makanan dapat meningkatkan produktivitas? Penggunaan mesin dapat mengurangi waktu perakitan setiap produk dengan kualitas yang tetap terjaga. Dengan bantuan mesin, kesalahan produksi pun dapat diminimalisir. Hal ini karena otomasinya mampu menghasilkan konsistensi serta produktivitas yang lebih tinggi.

Disamping itu, otomasi bisnis membuat proses produksi berjalan hingga 24 jam tanpa henti. Tentunya, hal ini berbeda dengan mengandalkan tenaga manusia. Namun, mesin pastinya membutuhkan perawatan secara berkala agar mesin tidak mudah rusak. Pembersihan berkala juga perlu dilakukan agar kebersihan mesin tetap terjaga.

3. Hemat Biaya

Penasaran kenapa bisa mesin produksi pabrik makanan hemat biaya? Perlu disadari bahwa dengan menggunakan mesin, dana yang dikeluarkan hanya di awal dan untuk perawatan saja. Hal ini berbeda dengan jasa atau operator manusia dimana industri perlu mengeluarkan gaji, asuransi, tunjangan dan lainnya.

Bahkan, robot pun dapat menghasilkan kualitas produksi yang lebih baik lagi daripada manusia. Proses pembuatan nya pun dapat berjalan dengan cepat dan konsisten. Maka dari itu, limbah yang dihasilkan pun lebih sedikit dan hemat bahan baku. Keuntungan usaha makanan pun semakin berlipat ganda.

4. Keselamatan Kerja Terjamin

Dengan mesin otomatis, operator tidak perlu lagi melakukan tugas yang berbahaya, seperti bekerja dengan bahan kimia, benda berat atau suhu tinggi. Operator lebih aman jika tugas-tugas berat dan berbahaya tersebut dilakukan oleh mesin. Namun, Anda perlu mengenali mesin apa saja yang dibutuhkan untuk industri makanan.

Demikian penjelasan mengenai mesin produksi pabrik makanan mulai dari jenis hingga manfaatnya. Bisa diketahui bahwa mesin otomatis ini terdiri dari berbagai macam jenis sesuai fungsi atau penggunaannya. Sebelum memulai bisnis makanan, sangat penting untuk mengetahui mesin apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan bisnis.