Pengemasan produk menjadi faktor penting yang harus diperhatikan dalam industri suatu produk. Pengemasan merupakan suatu proses yang dilakukan secara terkoordinir untuk menyiapkan suatu produk. Anda harus mengetahui metode pengemasan yang sesuai dengan produk yang Anda jual.

Salah satu cara yang efisien dalam proses pengemasan yaitu menggunakan mesin. Penggunaan mesin dalam proses pengemasan terutama kemasan sachet sangat efisien. Selain itu, kebersihan dan keamanan produk akan tetap terjaga. Kualitas produk yang Anda jual juga tetap terjaga dan produk Anda tidak mudah rusak.

Keunggulan Pengemasan Produk Sachet dengan Mesin

 1. Cepat dan Efisien

Mesin pengemasan menjadi metode pengemasan yang cepat dan efisien karena dapat menghasilkan produk dalam jumlah yang besar. Selain itu, kecepatan yang dihasilkan juga cukup tinggi. Hal tersebut memungkinkan Anda dalam meningkatkan kapasitas produk dalam waktu yang cukup singkat.

2. Produk Lebih Terjaga Kualitasnya

Mesin dapat digunakan sebagai cara pengemasan makanan otomatis yang tetap menjaga kualitas produk. Mesin pengemasan sachet meminimalkan kontak manusia dengan produk dan mengurangi resiko kontaminasi silang. Hal ini menjadikan produk tetap bersih sehingga kualitasnya tetap terjaga.

3. Meningkatkan Nilai Jual Produk

Cara pengemasan produk sachet menggunakan mesin memberikan keuntungan dalam meningkatkan nilai jual suatu produk. Pasalnya, kemasan yang digunakan dapat di desain semenarik mungkin sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli. Anda dapat menerapkan ide kemasan kekinian namun tetap melindungi produk.

4. Lebih Mudah dan Praktis

Metode pengemasan sachet sendiri memberikan kemudahan bagi pembeli produk, karena kemasan sachet sangat mudah dibawa kemana-mana serta penggunaanya biasanya hanya untuk 1 kali pakai saja. Sedangkan penggunaan mesin pengemasan dapat membuat pekerjaan menjadi praktis dan mengurangi biaya pekerjaan.

Baca Juga: Pentingnya Mengenali Jenis-Jenis Mesin Pengemasan Sachet

Proses Kerja Mesin Pengemasan Sachet

1. Menimbang Produk

Tahap pertama dalam proses ini adalah menimbang produk sesuai dengan gramasi yang telah ditentukan. Mesin pengemasan dilengkapi dengan timbangan yang akurat agar produk dapat ditimbang dengan tepat. Gramasi yang tepat sangat penting untuk menjaga kualitas dan konsistensi produk yang dikemas.

2. Proses Memasukkan Produk

Setelah produk ditimbang, langkah selanjutnya adalah memasukkan produk yang sudah ditimbang ke dalam kemasan sachet. Mesin ini dilengkapi dengan sistem pengaturan yang memungkinkan pengguna untuk menentukan jumlah produk yang harus dimasukkan ke dalam setiap kemasan sachet.

3. Penyegelan

Tahap selanjutnya adalah menutup atau menyegel (seal) kemasan sachet. Mesin pengemasan dilengkapi dengan sistem yang dapat menutup kemasan dengan presisi dan kekuatan yang tepat, sehingga menjaga keamanan dan ketahanan produk yang dikemas.

4. Proses Cutting

Tahap terakhir dalam proses ini adalah memotong bagian atas kemasan sesuai dengan ukuran yang diinginkan, sehingga membentuk sachet yang siap digunakan. Mesin ini dilengkapi dengan pisau pemotong yang akurat untuk memastikan hasil potongan yang rapi dan presisi.

Baca Juga: Industri Wajib Tahu! Inilah Tips Memilih Mesin Pengemas Sachet yang Berkualitas

Kegunaan Mesin Pengemasan Sachet

Mesin pengemasan sachet memiliki kegunaan yang cukup banyak. Metode pengemasan sachet menggunakan mesin memungkinkan Anda untuk mengemas berbagai jenis produk. Anda dapat mengemas produk berbentuk bubuk seperti susu bubuk, kopi bubuk, coklat bubuk, deterjen bubuk, bedak tabur, dan sebagainya.

Anda juga dapat mengemas produk berbentuk butiran seperti biji-bijian, gula, makanan ringan atau bahan masak seperti micin, pengembang kue, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat mengemas produk berupa cairan seperti sabun cair, saus, susu kental manis, kecap, obat-obatan dan sebagainya.

Penggunaan mesin pengemas sachet juga memudahkan Anda dalam mengemas berbagai ukuran mulai dari kecil, sedang hingga ukuran yang besar. Mesin pengemas sangat fleksibel Anda gunakan dimana saja, tidak hanya penggunaan untuk pabrik saja namun juga dapat Anda gunakan di kantor.

Metode pengemasan sachet menggunakan mesin memang memiliki keunggulan dan manfaat yang lebih banyak bagi Anda. Banyaknya produk yang ditawarkan oleh MASEMA, memudahkan Anda dalam memilih mesin pengemas sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Yuk, lakukan kunjungi website masema.id dan lakukan pemesanan sekarang juga!