Bingung mau beli mesin pengemas sachet atau tidak? Mesin pengemas atau packing ialah mesin yang mampu mengemas produk makanan secara otomatis. Alat ini bisa digunakan pada berbagai jenis produk makanan, seperti makaroni, keripik, pop corn, dan lainnya. Tidak hanya itu, ada banyak jenis-jenis mesin pengemasan sachet yang menunjang kegiatan produksi.

Mengapa Anda Perlu Mesin Pengemas Sachet?

1. Menjaga Kualitas Produk

Mesin pengemas sachet memiliki kemampuan untuk menjaga kualitas produk dengan cara memberikan lingkungan pengemasan yang higienis. Proses pengemasan otomatis mengurangi risiko kontaminasi manusia, sehingga produk tetap terjaga kebersihannya dan tidak mudah rusak selama proses distribusi.

2. Menghemat Tenaga Kerja

Penggunaan mesin pengemas sachet dapat menghemat tenaga kerja secara signifikan. Mesin ini dirancang untuk melakukan tugas pengemasan secara otomatis, mengurangi kebutuhan akan banyak tenaga kerja manual. Dengan demikian, perusahaan dapat mengalokasikan sumber daya manusia untuk tugas-tugas lain yang memerlukan keahlian khusus.

3. Menaikkan Efisiensi Produksi

Mesin pengemas sachet mampu mengemas produk dengan cepat dan konsisten. Kecepatan dan ketepatan dalam proses pengemasan meningkatkan efisiensi produksi secara keseluruhan. Dengan menggunakan mesin, waktu yang diperlukan untuk mengemas produk dalam jumlah besar dapat dikurangi, mengoptimalkan lini produksi dan meningkatkan output secara keseluruhan.

Baca Juga: Industri Wajib Tahu! Inilah Tips Memilih Mesin Pengemas Sachet yang Berkualitas

Jenis-Jenis Mesin Pengemas Sachet

1. Produk Bubuk (Powder)

a. Vertical Packaging Machine:

Mesin pengemas sachet jenis Vertical Packaging Machine yang digunakan untuk produk bubuk bekerja dengan menggunakan sistem Auger. Auger ini dapat diibaratkan sebagai sekrup yang memutar ke bawah. Kecepatan putaran dan ukuran lubang pada sekrup dapat disesuaikan sesuai dengan gramasi atau ukuran yang diinginkan untuk produk bubuk tertentu.

Proses dimulai dengan memasukkan produk bubuk ke dalam mesin, dan sekrup Auger akan memindahkan bubuk ke dalam kemasan yang telah disiapkan. Setelah itu, kemasan ditutup dan direkatkan, kemudian dipotong sebelum dijatuhkan. Mesin ini sangat efisien untuk mengemas produk bubuk dengan presisi dan kecepatan tinggi.

b. Small Vertical Packaging Machine:

Versi yang lebih kecil dari mesin Vertical Packaging, mesin ini tetap mengadopsi prinsip kerja menggunakan sistem Auger. Meskipun lebih kecil, Small Vertical Packaging Machine tetap mampu mengemas produk bubuk dengan efisiensi yang tinggi.

Ukuran yang lebih kecil membuatnya cocok untuk skala produksi yang lebih rendah atau ruang kerja yang terbatas, tetapi tetap mempertahankan kemampuan untuk menghasilkan sachet bubuk dengan kualitas yang baik.

c. Multiline Vertical Packaging Machine:

Mesin pengemas sachet jenis ini dirancang untuk meningkatkan kapasitas produksi dengan memiliki beberapa baris pengemasan secara simultan. Hal ini memungkinkan mesin untuk menangani sejumlah besar sachet secara efisien dalam satu siklus kerja. Meskipun dirancang untuk meningkatkan output, mesin ini memiliki beberapa karakteristik yang perlu diperhatikan:

  • Kapasitas Produksi Tinggi: Multiline Vertical Packaging Machine dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan produksi yang tinggi. Dengan beberapa baris pengemasan beroperasi bersamaan, mesin ini dapat menghasilkan jumlah sachet yang signifikan dalam waktu singkat. Hal ini sangat berguna untuk perusahaan yang membutuhkan output besar dalam skala produksi harian atau bulanan.
  • Cocok untuk Sachet Sempit dan Memanjang: Meskipun memiliki kapasitas tinggi, mesin ini memiliki keterbatasan dalam hal bentuk sachet yang dapat dihasilkannya. Umumnya, mesin ini lebih cocok untuk mengemas sachet dengan bentuk sempit dan memanjang. Oleh karena itu, pemilihan mesin harus disesuaikan dengan karakteristik produk yang akan dikemas.
  • Fleksibilitas Pengaturan: Mesin ini sering dilengkapi dengan sistem pengaturan yang fleksibel, memungkinkan penyesuaian ukuran sachet dan berbagai parameter pengemasan lainnya. Fleksibilitas ini memungkinkan produsen untuk mengadaptasi mesin sesuai dengan kebutuhan spesifik produk yang dihasilkan.
  • Kecepatan dan Presisi: Mesin ini tidak hanya menawarkan kapasitas tinggi, tetapi juga diharapkan memiliki tingkat kecepatan dan presisi yang tinggi dalam proses pengemasan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa setiap sachet dihasilkan dengan kualitas yang konsisten dan sesuai dengan standar produksi.
  • Kontrol Otomatis: Beberapa model Multiline Vertical Packaging Machine dilengkapi dengan sistem kontrol otomatis yang canggih. Sistem ini dapat memantau dan mengatur berbagai parameter seperti pengisian, penyegelan, dan pemotongan secara otomatis, mengoptimalkan efisiensi dan konsistensi produksi.

Dengan kombinasi kapasitas tinggi, fleksibilitas, dan kontrol otomatis, Multiline Vertical Packaging Machine menjadi pilihan yang ideal bagi produsen yang mengejar efisiensi tinggi dalam proses pengemasan sachet dengan skala produksi yang besar.

2. Produk Biji-Bijian (Granule)

a. Vertical Packaging Machine:

Untuk produk biji-bijian, mesin Vertical Packaging Machine menggunakan sistem Volumetric. Produk biji-bijian dimasukkan ke dalam cups atau gelas-gelas berukuran yang telah disesuaikan dengan volume yang diinginkan. Setelah itu, produk disapu dan dijatuhkan ke dalam kemasan yang telah dipersiapkan.

Kemasan kemudian ditutup, direkatkan, dan dipotong sebelum dijatuhkan. Mesin ini memungkinkan pengemasan biji-bijian dengan presisi volume yang tinggi, menghasilkan sachet yang konsisten dalam berat dan isi.

3. Produk Cair (Liquid):

a. Vertical Packaging Machine:

Untuk produk cair, mesin Vertical Packaging Machine menggunakan sistem Pump atau pompa. Produk cair diambil dari wadahnya menggunakan pompa, lalu dimasukkan ke dalam kemasan sachet. Setelah itu, kemasan ditutup, direkatkan, dan dipotong sebelum dijatuhkan.

Mesin ini memastikan presisi dalam mengisi kemasan dengan cairan, sehingga menghasilkan sachet yang terisi penuh dengan jumlah yang tepat. Kecepatan dan akurasi mesin ini membuatnya ideal untuk mengemas produk cair dengan berbagai viskositas.

Harga Mesin Pengemas Sachet

Cari mesin pengemas sachet untuk minuman, makanan, farmasi atau kosmetik? Multiline Packing Machine dari MASEMA cocok digunakan. Anda bisa memilih di antara modelnya yang sesuai dengan kebutuhan produksi Anda, seperti Granule Multiline Packing Machine untuk mengemas butiran padat dan Powder Multi Lines untuk produk berbubuk halus.

Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis mesin pengemasan sachet yang dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum membeli. Setiap jenisnya memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda sehingga Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan produksi, kemampuan dan keinginan agar menghasilkan produk yang menarik dan terkemas dengan baik.