Bisnis produksi biskuit ialah jenis bisnis yang paling dituntut untuk mengikuti perubahan permintaan konsumen sehingga menjadi tantangan besar bagi produsen. Proses produksi ini membutuhkan serangkaian tahapan yang perlu dilalui dalam menghasilkan biskuit dengan jenis mesin produksi yang berbeda.

Optimasi proses produksi dengan mesin produksi dinilai strategis bagi produsen dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan itu, produsen mampu melakukan proses produksi dengan cepat dan hasil produk berkualitas. Untuk mengetahui apa saja jenis mesin penghasil biskuit, simak penjelasan di bawah ini.

Jenis-Jenis Mesin Produksi Biskuit dan Kegunaannya

Ada banyak jenis mesin produksi biskuit yang hadir dengan kegunaan tersendiri. Biscuit Sandwiching Machine berfungsi untuk mengisi krim atau isian coklat pada biskuit. Automatic Rolled Sugar Cone Production Line untuk menghasilkan sugar cone yang renyah. Sementara itu, Double-Row Sandwiching Machine With Packaging Line mampu menghasilkan biskuit dalam dua baris lengkap dengan pengemasannya.

Tidak sampai situ, jenis mesin produksi biskuit berupa Biscuit Production Line mampu menghasilkan berbagai jenis biskuit dengan cepat, mudah dan efisien. Combo Wire Cut And Depositor juga tidak kalah penting digunakan untuk menghasilkan berbagai jenis cookie. Untuk Automatic Wafer Stick Machine, ia mampu membuat wafer stick dengan otomatis.

Baca Juga: Kenali Proses Pembuatan Biskuit di Pabrik Di Indonesia?

Pengenalan Biskuit sebagai Produk Populer

Sesuai riset Nielsen tahun 2020, salah satu cemilan favorit orang Indonesia yaitu biskuit. 86% responden menyatakan bahwa mereka rutin mengkonsumsi lebih dari 4 jenis biskuit seperti wafer, sandwich, cookies dan cracker. Selain gaya hidup, kebiasaan ngemil juga mampu memenuhi asupan makanan ringan di sela-sela waktu asalkan camilannya bergizi.

Peran Mesin Biskuit dalam Produksi Massal

Industri makanan ringan berupa biskuit kini cenderung mengandalkan mesin pengolah makanan. Tanpa peralatan tersebut, kegiatan produksi tidak dapat berjalan dengan maksimal. Maka dari itu, perannya di dunia produksi biskuit dinilai sangat penting karena pengolahan produk menjadi lebih efektif, efisien, cepat dan maksimal.

Selain itu, mesin ini juga mampu meminimalisir kesalahan yang biasa terjadi karena kelalaian manusia dalam proses produksi. Dengan begitu, pengolahan biskuit menjadi produk siap santap membuahkan hasil maksimal dan semakin optimal. Tidak heran jika banyak industri makanan menggunakan peralatan canggih tersebut dalam mengolah produknya.

Jenis Mesin Pembuat Biskuit Industri untuk Skala Besar

1. Biscuit Sandwiching Machine 3+2 (Double Color)

Mesin satu ini mampu menghasilkan 3+2 biskuit sandwich atau 2 lapisan krim. Mesin produksi ini juga mampu membuat sandwich biskuit 2+1 hanya dengan 1 lapisan krim sehingga Anda bisa berkreasi sesuai keinginan. Dengan teknologi canggih, Anda bisa mengatur posisi krim sesuai dengan ukuran biskuit.

2. Ball Wafer Production Line

Ingin produksi biskuit berbeda dari yang lain? Anda bisa memilih Ball Wafer Production Line. Mesin ini mampu menghasilkan wafer roll atau bola-bola yang dilapisi coklat dan kacang. Adapun isinya berupa krim atau saus coklat kental yang lezat. Tidak hanya itu, Anda juga dapat berkreasi membuat bola-bola wafer lain.

3. Four Lane Biscuit Sandwiching Machine

Four Lane Biscuit Sandwiching Machine ialah mesin penghasil biskuit yang diisi dengan krim di antaranya. Seperti Biscuit Sandwiching Machine 3+2 (Double Color), Anda dapat menyesuaikan letak krim pada biskuit. Namun, mesin ini dilengkapi dengan 4 alur atau baris biskuit sehingga memproduksi lebih banyak.

Baca Juga: Mengenal Jenis Mesin Produksi Pabrik Makanan dan Kegunaannya

Keuntungan Penggunaan Mesin Biskuit Otomatis

1. Cita Rasa Konsisten

Ada banyak keuntungan yang diperoleh dari menggunakan mesin biskuit otomatis. Selain efisien dan cepat, rasa dan aroma biskuit akan selalu konsisten dan tidak berubah. Sebab, pembuatan atau pengolahan bahan menjadi sebuah biskuit menggunakan teknik dan resep yang tetap. Hal ini penting agar dapat mempertahankan pelanggan.

2. Kebersihan Terjaga

Mesin biskuit otomatis menjaga produk biskuit sesuai dengan standar mutu dan higienis. Hal ini karena biskuit terhindar dari adanya kontak langsung dari tangan manusia. Mesin otomatis ini memang dirancang untuk mengurangi adanya resiko terkontaminasi dan memastikan bahwa makanan aman dan higienis untuk dikonsumsi.

3. Biaya Tenaga Kerja Berkurang

Mesin pengolah biskuit juga mampu mengurangi biaya yang biasa dihabiskan untuk menggaji karyawan. Sebab, tugas manual yang dikerjakan oleh karyawan telah tergantikan dengan mesin. Sehingga, mesin mampu melaksanakan tugas dalam memproduksi biskuit dengan baik.

4. Mengurangi Limbah

Mesin penghasil biskuit juga bisa membantu Anda dalam mengurangi limbah dengan meminimalisir penggunaan bahan mentah, air dan energi. Hal ini karena sistemnya telah dirancang untuk mengoptimalisasi penggunaan sumber daya. Dengan begitu, mesin bersifat ramah lingkungan dan dapat digunakan secara berkelanjutan.

Itulah penjelasan mengenai apa saja jenis mesin produksi biskuit yang perlu diketahui sebelum memulai bisnis makanan ringan. Bisa disimpulkan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk melakukan produksinya juga berbeda sesuai dengan jenis biskuit dan mesin yang digunakan. Maka dari itu, usahakan memilih mesin yang cocok dengan kebutuhan dan dana Anda.