Bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis bahan pangan, sangat penting untuk memiliki Mesin pengemas sachet biji-bijian atau mesin filling granule. Mesin tersebut sudah menjadi andalan dalam proses pengemasan industri makanan, farmasi, maupun sektor lainnya. Keberadaan mesin membuat proses produksi menjadi lebih cepat.

Sebab bahan dapat dimasukkan dalam kemasan dan langsung di-packing secara otomatis menggunakan mesin, jadi tidak perlu repot lagi melakukannya secara manual. Bukan hanya cepat, namun kualitas pengemasannya pun sangat baik. Untuk memanfaatkannya secara maksimal dalam bisnis, yuk kenali lebih jauh mengenai mesin ini dan bagaimana cara kerjanya.

Mengenal Mesin Pengemas Sachet Granule (Biji-bijian)

Sesuai namanya, mesin pengemas granule atau biji-bijian adalah mesin khusus yang digunakan untuk melakukan packing terhadap produk solid dan granule, seperti snack hingga biji-bijian. Perangkat khusus ini sering digunakan dalam industri makanan agar produk dapat dikemas dengan presisi dan efisiensi.

Keberadaan mesin tersebut menggantikan pekerjaan manual yang memakan banyak waktu dan rentan akan human error. Hasilnya pun berkualitas dan sesuai kebutuhan karena mesin telah mengadopsi berbagai mekanisme dan teknologi.

Sehingga mesin pengemas biji-bijian dapat mengukur jumlah butiran produk yang masuk dalam kemasan dan menyegelnya.

Secara umum, mesin pengemas biji-bijian terbagi menjadi beberapa jenis.  Untuk mesin packingnya pakai pengemas vertikal dan untuk mengisinya  pakai sistem volumetrik dan sistem timbangan. Mesin pengemas vertikal akan mengisi dan menyegel granule dari bagian atas sampai bawah, jenis ini banyak digunakan untuk kemasan berbentuk pillow bag  maupun sachet.

Sementara Mesin pengemas sachet granule jenis horizontal menyegel kemasan dari samping, cocok untuk kemasan yang datar dan berbentuk panjang. Kemudian untuk jenis volumetrik, Anda bisa mengisi jumlah biji-bijian yang diinginkan dalam kemasan sesuka hati.

Sedangkan mesin pengemas timbangan mengukur berat granule yang diinginkan memakai timbangan elektronik, contohnya mesin packing untuk beras.

Baca Juga: Cara Kerja Mesin Packing Vertikal dan Keuntungannya

Apa Itu Mesin Filling?

Mesin filling merupakan sebuah mesin yang berguna untuk mengisi bahan atau produk ke dalam kemasan. Mesin ini punya peran utama dalam pengemasan produk, karena tanpanya Anda harus mengisi kemasan secara manual. Tidak heran jika industri makanan dan minuman, farmasi, kosmetik, dan berbagai industri lainnya banyak menggunakan alat ini.

Apalagi jika bisnis menggunakan kemasan seperti sachet, kaleng, dan botol yang proses pengisian produknya membutuhkan kecepatan tinggi dan presisi.

Mesin filling akan sangat membantu di sini. Tidak hanya dapat mengisi produk dengan kecepatan tinggi dan presisi saja, mesin juga bisa meminimalisir kesalahan pengisian.

Kemudian mesin filling dapat meningkatkan efisiensi penggunaan bahan baku karena kesalahan pengisian sudah diminimalisir, membuat proses produksi jadi lebih efisien, hingga akhirnya menekan biaya produksi.

Di pasaran, Anda bisa menemukan beberapa jenis mesin filling seperti automatic vertical filling machine, semi automatic filling machine, dan semiauto vertical filling machine.

Mesin Pengemas Sachet Granule: Teknologi Terbaru dalam Pengemasan

Sebelumnya sudah dibahas singkat mengenai Mesin pengemas sachet granule dan mesin filling. Mesin-mesin tersebut sudah ada cukup lama menemani berbagai industri di tanah air. Terbaru, sekarang Anda bisa menemukan Mesin pengemas sachet granule dalam pengemasan.

Bisa dibilang bahwa Mesin pengemas sachet granule ini adalah perpaduan antara mesin filling dan packing granule. Perlu diketahui bahwa mesin filling umumnya banyak digunakan untuk produk dalam kategori cair. Jadi bedanya Mesin pengemas sachet granule dengan mesin filling biasa terletak di sini.

Seperti yang dipahami, granule merupakan bentuk partikel padat kecil yang sering ditemui pada berbagai produk seperti kopi bubuk, makanan ringan, hingga obat dalam bentuk butiran.

Dimana Mesin pengemas sachet granule tidak hanya dapat digunakan untuk mengisi produk berupa cairan saja, namun juga bisa mengisi produk berbentuk granule. Keunggulannya yaitu bisnis akan mendapatkan efisiensi pengemasan dan produktivitas, kualitas dan kebersihan kemasan pun terjaga, serta penerapannya bisa dilakukan dalam berbagai industri.

Contoh produk yang sering dikemas menggunakan Mesin pengemas sachet granule atau packing granule yaitu suplemen, bahan kimia, dan makanan maupun minuman yang disajikan dalam bentuk botol, kotak, atau sachet. Banyaknya produk yang bisa dikemas dengan mesin ini membuatnya semakin populer digunakan di berbagai industri.

Cara Kerja Mesin Pengemas Sachet Granule

Lantas, bagaimana cara kerja mesin pengemas sachet granule? Sebenarnya cara kerjanya hanya terdiri dari dua langkah saja, yaitu mengisi granule ke dalam kemasan dan menyegel kemasan.

Jadi awalnya granule yang ada di dalam hopper akan dialirkan melalui alat pengisian. Alat pengisiannya sendiri bisa berupa saluran, corong, atau sistem timbangan otomatis.

Alat timbangan tersebut akan memastikan bahwa jumlah granule yang masuk ke kemasan sudah tepat, jadi setiap kemasan memiliki berat isi yang sama. Apabila sudah terisi, mesin akan melakukan penutupan dan penyegelan sesuai jenis kemasan. Dan untuk memastikan kualitas kemasan tersebut, mesin packing sachet biasanya dilengkapi sistem kontrol yang canggih.

Sistem akan memeriksa berat granule yang sudah terisi hingga memastikan segelnya dalam keadaan baik dan aman.

Rekomendasi Mesin Pengemas Filling Granule

Cek Detail: Granule Multi Lines Packing Machine

Sangat bermanfaat sekali bukan Mesin pengemas sachet granule ini? Dengan adanya mesin pengemas filling granule, maka Anda tidak perlu lagi repot melakukannya secara manual. Bahkan proses produksi menjadi lebih cepat dengan hasil lebih terjamin dan berkualitas.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan Granule Multi Lines Packing Machine dari MASEMA. Mesin ini tersedia untuk membantu produksi bisnis Anda, mulai dari proses pengisian produk sampai penyegelan kemasan. Anda bisa memilih model MSP-ML280 dengan lane 4-6 atau MSP-ML560 dengan lane 8-12 sesuai kebutuhan. Tertarik?